PENINGKATAN KESELAMATAN PELAYARAN LOKAL KOTA TARAKAN
BY : HERMAN, ST
A. Latar Belakang
Kota Tarakan yang terletak pada 030 14’ 23” – 030 26’37” Lintang Utara dan 117030’50” - 117040’12” Bujur Timur dengan luas wilayahnya mencapai 657,33 km2 mencakup 2 pulau yaitu Pulau Tarakan dan Pulau Sadau, serta wilayah daratan seluas 250,80 Km2 dan wilayah lautan seluas 406,53 km2.
Kota Tarakan memiliki posisi yang strategis yaitu sebagai penggerak pertumbuhan wilayah utara dan pintu kedua ( second gate ) bagi Provinsi Kalimantan Timur, setelah Kota Balikpapan. Kondisi ini menempatkan Kota Tarakan sebagai pusat perdagangan dan jasa antar pulau serta hinterland di wilayah utara Kalimantan Timur dan menjadi pusat transit perdagangan antar wilayah.
Sebagai Kota Jasa, di Kota Tarakan terdapat pelabuhan yang menjadi tempat transit kapal-kapal yang membawa bahan-bahan mentah maupun jadi untuk disalurkan ke wilayah Kalimantan Timur bagian Utara.
Pelabuhan adalah tempat yang terdiri dari daratan dan perairan di sekitarnya dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan ekonomi yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, berlabuh, naik turun penumpang dan/atau bongkar muat barang yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra dan antar moda transportasi.
Keselamatan Pelayaran didefinisikan sebagai suatu keadaan terpenuhinya persyaratan keselamatan dan keamanan yang menyangkut angkutan di perairan dan kepelabuhanan.. Dengan demikian penyebab kecelakaan sebuah kapal tidak dapat disebutkan secara pasti, melainkan perlu dilakukan pengkajian.
Pelabuhan Tengkayu I merupakan pelabuhan local yang merupakan salah satu pelabuhan local yang banyak mengangkut penumpang dan barang. Dibawah ini dapat dilihat daftar jadwal kedatangan dan keberangkatan speedboat yang beroperasi di Pelabuhan Tengkayu I :
NO | NAME OF VESSEL | TD | DEST | TA | FROM |
1 | MINSEN EXPRES VIII | 7:00 | TG. SELOR | 14:30 | TG. SELOR |
2 | MENARA GADING | 7:45 | TG. SELOR | 15:00 | TG. SELOR |
3 | ANDALAS - I | 8:30 | TG. SELOR | 16:00 | TG. SELOR |
4 | REJEKI BARU | 6:30 | TG. SELOR | 14:00 | TG. SELOR |
5 | SIMPATI -3 | 9:15 | TG. SELOR | 16:30 | TG. SELOR |
6 | LIMEX 2000 FAMOREZ | 10:00 | TG. SELOR | 17:15 | TG. SELOR |
7 | TRI PUTRI TD. III | 10:45 | TG. SELOR | 18:00 | TG. SELOR |
8 | MENARA BARU EXP | 11:30 | TG. SELOR | 8:30 | TG. SELOR |
9 | KALIMANTAN | 12:15 | TG. SELOR | 9:00 | TG. SELOR |
10 | ANDALAS - 2 | 13:00 | TG. SELOR | 10:00 | TG. SELOR |
11 | ANUGRAH EXPRES | 13:45 | TG. SELOR | 10:45 | TG. SELOR |
12 | TANJUNG EXPRES | 14:30 | TG. SELOR | 13:30 | TG. SELOR |
13 | MANARO EXPRESS | 15:15 | TG. SELOR | 12:00 | TG. SELOR |
14 | GEMBIRA EXPRES | 16:00 | TG. SELOR | 10:30 | TG. SELOR |
15 | LIMEX 2000 FAMILY | 16:30 | TG. SELOR | 12:30 | TG. SELOR |
16 | SEKATAK EXPRES | 17:00 | TG. SELOR | 8:00 | TG. SELOR |
17 | TRI PUTRI TD. 2002 | 9:00 | P. BUNYU | 16:00 | P. BUNYU |
18 | HARAPANKU EXPRES | 12:00 | P. BUNYU | 8:00 | P. BUNYU |
19 | MINSEN EXPRESS | 14:00 | P. BUNYU | 9:00 | P. BUNYU |
20 | RAHAYU | 15:00 | P. BUNYU | 10:00 | P. BUNYU |
21 | HARAPANKU EXPRESS | 16:00 | P. BUNYU | 11:00 | P. BUNYU |
22 | HARAPAN BARU EXP | 7:00 | MALINAU | 15:00 | MALINAU |
23 | MALINAU EXP. III | 7:30 | MALINAU | 15:30 | MALINAU |
24 | MENARA BARU EXP | 8:00 | MALINAU | 16:30 | MALINAU |
25 | MALINAU EXP. IV | 8:30 | MALINAU | 16:00 | MALINAU |
26 | MENARA BARU EXP | 9:00 | MALINAU | 17:00 | MALINAU |
27 | HARAPAN BARU EXP | 10:00 | MALINAU | 15:00 | MALINAU |
28 | MENARA BARU EXP | 11:00 | MALINAU | 18:00 | MALINAU |
29 | MENARA INDAH EXP - II | 12:00 | MALINAU | 10:30 | MALINAU |
30 | MALINAU EXP JUNIOR | 13:00 | MALINAU | 11:00 | MALINAU |
31 | MALINAU EXP | 13:30 | MALINAU | 11:30 | MALINAU |
32 | MALINAU EXPRES - II | 14:00 | MALINAU | 12:00 | MALINAU |
33 | MENARA BARU EXP | 14:30 | MALINAU | 13:00 | MALINAU |
34 | SADEWA EXPRES | 7:15 | NUNUKAN | 13:30 | NUNUKAN |
35 | SINAR BARU EXP - II | 8:15 | NUNUKAN | 15:00 | NUNUKAN |
36 | GUNDALA EXPRESS | 8:45 | NUNUKAN | 16:00 | NUNUKAN |
37 | MENARA INDAH EXP | 10:00 | NUNUKAN | 16:30 | NUNUKAN |
38 | D - 10 EXPRES | 12:00 | NUNUKAN | 10:30 | NUNUKAN |
39 | TRI PUTRI TD. IV | 13:00 | NUNUKAN | 10:00 | NUNUKAN |
40 | MINSEN EXPRES | 14:00 | NUNUKAN | 11:00 | NUNUKAN |
41 | TOBAR - 08 EXP | 9:30 | SEI NYAMUK | 17:00 | SEI NYAMUK |
42 | SINAR BARU EXP - I | 13:30 | SEI NYAMUK | 12:00 | SEI NYAMUK |
43 | PRESIDIUM EXPRES | 7:15 | TIDUNG PALA | 14:45 | TIDUNG PALA |
44 | GEMBIRA EXP - II | 8:15 | TIDUNG PALA | 15:30 | TIDUNG PALA |
45 | MINSEN EXPRESS | 9:15 | TIDUNG PALA | 16:30 | TIDUNG PALA |
46 | MENARA BARU EXP | 10:15 | TIDUNG PALA | 18:00 | TIDUNG PALA |
47 | TIDENG PALE EXP | 11:30 | TIDUNG PALA | 17:30 | TIDUNG PALA |
48 | MUTIARA EXP | 12:15 | TIDUNG PALA | 18:15 | TIDUNG PALA |
49 | SESAYAP EXPRESS | 13:15 | TIDUNG PALA | 13:30 | TIDUNG PALA |
50 | TIDENG PALE BARU EXP | 14:15 | TIDUNG PALA | 11:30 | TIDUNG PALA |
51 | PRESIDIUM EXPRES | 15:15 | TIDUNG PALA | 13:15 | TIDUNG PALA |
52 | HARAPAN INDAH EXP | 15:45 | TIDUNG PALA | 14:00 | TIDUNG PALA |
53 | TRI PUTRI TUNGGAL DEWI | | TARAKAN | | DERAWAN |
54 | MENARA BARU | | TARAKAN | | DERAWAN |
55 | ATAP EXPRESS | | SEMBAKUNG | | SEMBAKUNG |
56 | JAYA ABADI | | SEMBAKUNG | | SEMBAKUNG |
57 | SEMBAKUNG BARU | | SEMBAKUNG | | SEMBAKUNG |
58 | RYAN | | SEMBAKUNG | | SEMBAKUNG |
59 | PAGUNTAKA | | SEMBAKUNG | | SEMBAKUNG |
60 | KERTAPATI | | SEMBAKUNG | | SEMBAKUNG |
Sehingga keselamatan kapal / speed boat sangat diperlukan karna begitu banyaknya arus lalu lintas yang terjadi di Pelabuhan Tengkayu I.
1. Penyebab Kecelakaan di Laut
Ada beberapa penyebab yaitu :
1.1 Faktor manusia
· Kecerobohan di dalam menjalankan kapal,
· kekurangmampuan awak kapal dalam menguasai berbagai permasalahan yang mungkin timbul dalam operasional kapal,
· secara sadar memuat kapal secara berlebihan
1.2 Faktor Teknis
Faktor teknis biasanya terkait dengan kekurangcermatan di dalam desain kapal, penelantaran perawatan kapal sehingga mengakibatkan kerusakan kapal atau bagian-bagian kapal yang menyebabkan kapal mengalami kecelakaan, terbakarnya kapal seperti yang dialami Kapal Tampomas diperairan Masalembo, Kapal Livina.
1.3 Faktor Alam
Faktur cuaca buruk merupakan permasalahan yang seringkali dianggap sebagai penyebab utama dalam kecelakaan laut. Permasalahan yang biasanya dialami adalah badai, gelombang yang tinggi yang dipengaruhi oleh musim/badai, arus yang besar, kabut yang mengakibatkan jarak pandang yang terbatas.
2. Jenis kecelakaan
· Bocor
· Hanyut
· Kandas
· Meledak
· Menabrak Tiang Jembatan
· Miring
· Orang Jatuh ke Laut
· Terbakar
· Terbalik
· Tubrukan
3. Perangkat Keselamtan Pelayaran
3.1 . Perangkat keselamatan yang yang digunakan dalam evakuasi kapal dalam hal terjadi kebakaran ataupun kapal tenggelam berupa:
Baju pelampung merupakan perangkat yang dirancang untuk membantu pemakai, baik secara sadar atau di bawah sadar, untuk tetap mengapung dengan mulut dan hidung berada di atas permukaan air atau pada saat berada dalam air.
Contoh Baju Pelampung
Sekoci atau perahu penyelamat adalah perahu tegar (rigid) atau mengembang (inflatable) yang dirancang untuk menyelamatkan nyawa manusia jika terjadi masalah di laut. Sekoci umumnya merujuk pada kendaraan yang dibawa oleh kapal yang lebih besar untuk digunakan oleh penumpang dan awak kapal dalam keadaan darurat
3.2. Perangkat komunikasi
Perangkat yang penting dalam komunikasi adalah sistem komunikasi yang meliputi:
· Radio komunikasi antar kapal, kapal dengan pelabuhan, kapal dengan radio pantai
§ Telepon satelit
Contoh Radio Kuminikasi
4. Diagram Penyebab kecelakaan pelayaran
B. Permasalahan
Permasalahan yang dihadapi dalam keselamatan pelayaran local di Pelabuhan Tengkayu I adalah sebagai berikut :
1. Operator kapal/ nahkoda kapal belum memiliki keahlian yang cukup handal dalam menjalankan kapalnya.
2. Belum maksimalnya penggunaan baju pelampung / life jacket.
3. Perangkat alat telekomunikasi belum digunakan secara maksimal seperti radio komunikasi antar kapal / speed boat, kapal/speed boat dengan pelabuhan.
4. Kurangnya tenaga ahli di bidang keselamatan pelayaran
C. Pembahasan
1. Sejak kapal dipesan untuk dibangun hingga kapal beroperasi, selalu ada aturan yang harus dipatuhi, dan di dalam semua proses pelaksanaannya selalu ada badan independen yang menjadi pengawasnya. Pada saat kapal dirancang kemudian pemilihan bahan, dan selama proses pembangunannya, selain pemilik kapal, pihak galangan kapal, dan pihak pemerintah selaku administrator ada pihak yang berwenang dalam hal ini di pengawasan dan pemberian kelas bagi kapal yang telah selesai dibuat, hingga nanti setelah kapal beroperasi mereka juga akan melakukan survey dan audit atas pelaksanaan semua aturan keselamatan yang harus dipenuhi.
2. Memberikan pelatihan tentang keselamatan pelayaran kepada Operator kapal /nahkoda kapal. Fenomena ini menunjukkan betapa mutu dari SDM (Sumber Daya Manusia ) yang bekerja di atas kapal sangat minim. Namun berdasar dari banyaknya kasus yang terjadi sangat menunjukkan ketidakterampilan dan kedisiplinan dalam mematuhi aturan dan sistem prosedur dalam mematuhi aturan kerja, kurangnya pengetahuan dan keabaian, bahkan kelalaian dari awak kapal itu sendiri. Hal inilah yang menjadi titik awal tentang pentingnya pelatihan keselamatan di atas kapal, karena tampa disadari ketidakacuan awak kapal dalam menaati peraturan-peraturan keselamatan kerja di atas kapal merupakan awal dari ketidakdisiplinan yang nantinya berujung pada kecelakaan di samping dari kelayakan alat-alat keselamatan termasuk perawatan dan pemeliharaan terhadap alat-alat tersebut, di tambah faktor di luar kendali manusia itu sendiri seperti cuaca yang buruk, alur pelayaran sempit. Maka tujuan pelatihan adalah sebagai berikut :
· Menjamin rasa aman baik penumpang maupun awak kapal dan lingkungan sekitarnya.
· Memberikan pengetahuan dan kesadaran awak kapal tentang pentingnya pelatihan keselamatan.
· Memberikan disiplin awak kapal mentaati peraturan keselamatan kerja di atas kapal dan berujung pada kecelakaan kerja.
· Memberikan penjelasan tentang perawatan dan pemeliharaan terhadap alat-alat keselamatan.
3. Setiap kapal / speed boat harus memiliki kelengkapan keselamatan pelayaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
4. Setiap penumpang dan ABK diwajibkan untuk menggunakan pelampung selama kapal/speedboat berlayar
5. Komunikasi harus tetap dilakukan selama kapal/speedboat berlayar.
5. Kesimpulan
Peningkatan keselamatan pelayaran harus terus dilanjutkan agar keamanan dan keselamatan pelayaran di perairan akan lebih terjamin. Untuk itu akan diusahakan penggantian dan penambahan alat-alat bantu keselamatan pelayaran, alat bantu navigasi, peralatan telekomunikasi, bangunan operasional serta pembangunan pangkalan keselamatan pelayaran dengan fasilitas-fasilitas yang terdiri dari dermaga. Memberikan informasi tentang keselamatan pelayaran baik penumpang maupun anak buah kapal di perairan serta memberikan pelatihan –pelatihan tentang keselamatan pelayaran juga akan dilakukan penambahan dan pembaharuan peta-peta laut untuk kepentingan pelayaran dan pelabuhan yang menyangkut kepentingan umum. Dalam bidang telekomunikasi sejauh mungkin akan dimanfaatkan penggunaan fasilitas telekomunikasi
info yang sangat bermanfaat izin share yah, ani dari dishub pangkep sulsel
BalasHapus